Kecerdasan buatan dan keamanan komputer
KECERDASAN
BUATAN
Kecerdasan
buatan didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya
dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin
(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak
hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika
relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan,
menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di
sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan,
sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti
contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun
AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat
penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan
adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut
pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku
cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan,
kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan
tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin
ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah
kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang
ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam
beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.
'Kecerdasan
buatan' ini bukan hanya ingin mengerti apa itu sistem kecerdasan, tapi juga
mengkonstruksinya.
Tidak ada
definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':
1.
kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
2.
atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan'
Agar
komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus
diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar. Untuk itu AI
akan mencoba untuk memberikan beberapa metoda untuk membekali komputer dengan
kedua komponen tersebut agar komputer bisa menjadi mesin pintar.
Lingkup
utama kecerdasan buatan:
1.
Sustem pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan
para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan
masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar
2.
Pengolahan bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user
mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
3.
Pengenalan ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu
berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
4.
Robotika dan Sistem sensor
5.
Computer vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau
objek-objek tampak melalui komputer
6.
Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai
tutor yang dapat melatih dan mengajar
Keuntungan
Kecerdasan Buatan :
1.
Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat
mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa.
Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program
tidak mengubahnya.
2.
Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer
pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama.
Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap.
Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan
tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu
komputer ke komputer lain
3.
Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami.
Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan
harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka
waktu yang sangat lama.
4.
Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan
busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami
senantiasa berubah-ubah.
5.
Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer
dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem
tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
6.
Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan
kecerdasan alami
7.
Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan
kecerdasan alami.
KEAMANAN
KOMPUTER
Keamanan
komputer adalah suatu cabang teknologi yang
dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran
keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap
pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan
dalam kebijakan keamanan.
Menurut
Garfinkel dan Spafford, ahli dalam computer
security, komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya
bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Keamanan komputer memiliki 5 tujuan,
yaitu:
1.
Availability
2.
Confidentiality
3.
Data Integrity
4.
Control
5.
Audit
Keamanan
komputer memberikan persyaratan terhadap komputer yang berbeda dari kebanyakan
persyaratan sistem karena sering kali berbentuk pembatasan terhadap apa yang
tidak boleh dilakukan komputer. Ini membuat keamanan komputer menjadi lebih
menantang karena sudah cukup sulit untuk membuat program komputer melakukan
segala apa yang sudah dirancang untuk dilakukan dengan benar. Persyaratan
negatif juga sukar untuk dipenuhi dan membutuhkan pengujian mendalam untuk
verifikasinya, yang tidak praktis bagi kebanyakan program komputer. Keamanan
komputer memberikan strategi teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi
aturan positif yang dapat ditegakkan.
Pendekatan
yang umum dilakukan untuk meningkatkan keamanan komputer antara lain adalah
dengan membatasi akses fisik terhadap komputer, menerapkan mekanisme pada
perangkat keras dan sistem operasi untuk keamanan komputer, serta membuat
strategi pemrograman untuk menghasilkan program komputer yang dapat diandalkan.
0 komentar:
Posting Komentar